Mar 26, 2012

No Action Talk Only

English Version

Presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy, pernah mengatakan:

"Jangan tanyakan apa yang dapat negara lakukan untuk kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk negara"

Begitupun dengan kehidupan bergereja. Seringkali kita berperilaku seperti anak kecil, yang hanya mau dilayani oleh gereja.
"Pengurusnya kurang hangat", "Musiknya kurang keren", "AC nya kurang dingin", dan berbagai jutaan alasan lain yang membuat kita menjadi malas ke gereja.
Secara jujur, kalau kita mau mengakui, setiap manusia tidak terluput dari kesalahan. Akan selalu saja ada hal yang dapat kita salahkan dari sebuah gereja.

Kita menjadi lupa, bahwa tujuan utama kita pergi ke gereja, adalah untuk bersekutu dengan Tuhan. Bukan untuk mencari orang-orang ramah, menyaksikan pertunjukan musik, ataupun ruangan yang nyaman.
Gereja juga bukanlah sebuah target untuk dipersalahkan.
Jika kita menjadi bagian (anggota) dari gereja tersebut, tugas kita bukanlah untuk menjadi komentator...yang mencari kesalahan/memuji program-program maupun segala sesuatu dalam gereja tersebut.
Kita juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk membangun gereja tersebut dengan satu (dan hanya satu) tujuan, yaitu untuk memuliakan nama Tuhan.

Melalui 1 Korintus 12:12-27, Paulus mengatakan:

"Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh ? Dan andaikata telinga berkata: "Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh ? Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran ? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman ? Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh ? Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau." Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus. Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya."

Karena itu, biarlah melalui blog ini, setiap kita dapat disadarkan bahwa kita adalah satu tubuh Kristus. Tangan tidak dapat berkata kepada mata "kenapa kamu buta", tetapi tangan tersebut akan berusaha bergerak (meraba-raba) agar tubuh itu tetap dapat berjalan tanpa menabrak, walau mata itu buta.
Sama seperti dalam hidup bergereja, biarlah kita justru dapat menjadi bagian yang menambal kekurangan dari gereja kita, bukan malah menyalahkan.

"Tanyakan pada dirimu...apa yang kamu dapat lakukan untuk gerejamu"


Tuhan Memberkati

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

John F. Kennedy, the 35th President of the United States, once said:
“Ask not what your country can do for you – ask what you can do for your country”

There goes the same with church’s life. We often behave like children who only want to be served by the church.
“The church activists are not warm enough”, “the music is not cool enough”, “the air-conditioner is not cold enough”, and many more other reasons that make us become lazy to go to the church.
Honestly, if we want to admit, every human being does not escape from the mistakes, no one is perfect. There will be always one thing or more that we can blame in the church.

We’re so busy to look for mistakes that we can blame upon the church, so that we forgot about the main purpose of going to church. We forgot that when we go to church, we want to have fellowship with God. Not to find friendly people, watch a performance of music, or a comfortable room. The church is also not a target to be blamed.
If we become a part (member) of the church, our task is not to be a commentator who is looking for something good and bad from the church.
We also have the same responsibility to build the church with one purpose which is to glorify God’s name.

In 1 Corinthians 12:12-27, Paul says:

"Just as a body, though one, has many parts, but all its many parts form one body, so it is with Christ. For we were all baptized by one Spirit so as to form one body—whether Jews or Gentiles, slave or free—and we were all given the one Spirit to drink. Even so the body is not made up of one part but of many. Now if the foot should say, “Because I am not a hand, I do not belong to the body,” it would not for that reason stop being part of the body. And if the ear should say, “Because I am not an eye, I do not belong to the body,” it would not for that reason stop being part of the body. If the whole body were an eye, where would the sense of hearing be ? If the whole body were an ear, where would the sense of smell be? But in fact God has placed the parts in the body, every one of them, just as he wanted them to be. If they were all one part, where would the body be ? As it is, there are many parts, but one body. The eye cannot say to the hand, “I don’t need you!” And the head cannot say to the feet, “I don’t need you!” On the contrary, those parts of the body that seem to be weaker are indispensable, and the parts that we think are less honorable we treat with special honor. And the parts that are unpresentable are treated with special modesty, while our presentable parts need no special treatment. But God has put the body together, giving greater honor to the parts that lacked it, so that there should be no division in the body, but that its parts should have equal concern for each other. If one part suffers, every part suffers with it; if one part is honored, every part rejoices with it. Now you are the body of Christ, and each one of you is a part of it."

I hope after reading this blog, each of us can be aware that we are one body of Christ. Hand never say to the eye, “why are you blind?”, but it will try to move around and grope so that the body is still be able to walk without crashing to anything, even though the eye is blind. It is the same with church life, let us be the person who able to patch up the shortcomings of the church rather than blame it.

“Ask yourself…what you can do for your church.”


God bless

No comments:

Post a Comment