Mar 30, 2012

Give up ?? No way !!!

English Version

Dalam film Spiderman 2, diceritakan bagaimana Peter Parker, si Spiderman, merasakan tekanan dalam hidupnya. Tanggung jawabnya berperang dengan kepentingan pribadinya. Karena tugas menyelamatkan kota yang dalam kekacauan, ia sering kesulitan membereskan masalah pribadinya. Dalam film itu diceritakan bagaimana ia terjepit dalam dilema hubungannya dengan Mary Jane.

OK, saya bukannya mau menceritakan Spiderman 2 disini. Saya hanya ingin mengambil situasi Peter Parker dalam film itu, untuk menggambarkan, bagaimana kita sebagai orang Kristen juga sering dalam dilema.

Seringkali keKristenan kita justru membuat kita merasa tertekan dalam dunia ini. Lho...apa engga salah nih ? Coba kita ambil contoh dalam dunia bisnis. Melakukan kecurangan, penipuan, baik yang terselubung maupun tidak, sudah menjadi hal yang wajar. Secara jujur dalam bagian terkecil otak kita, kita harus mengakui bahwa memang itu benar. Sangat susah untuk dapat mengikuti kehendak Tuhan dalam dunia ini.

Paman Ben, dalam film itu mengatakan: "Kita selalu memiliki pilihan"

Sayangnya, ungkapan tersebut sama sekali tidak dapat kita gunakan. Ya, secara harafiah, kita memang memiliki pilihan, untuk tetap menjadi pengikut Kristus, atau meninggalkanNya. Tetapi kita harus ingat satu hal, bahwa menjadi pribadi Kristen bukanlah suatu pilihan yang kita ambil, melainkan kehendak Tuhan.

"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." (Yeremia 1:5)

Jadi, apa yang harus kita lakukan ? Paman Ben juga mengatakan "Dalam kekuatan yang besar ada tanggung jawab yang besar"

Sedikit banyak saya menyetujui apa yang Paman Ben katakan bahwa kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga keKristenan kita. Kedengarannya memang tidak menyenangkan, berat, susah, dan
sering membuat kita merasa lebih baik tidak usah memiliki kekuatan tersebut.

Kali ini, giliran Paman Ndutzz yang mau mengatakan: "Dalam keKristenan, ada tanggung jawab yang besar. Dan dalam keKristenan pun, ada pertolongan dan kuasa yang besar"

Kawan, Roh Kudus yang ada dalam diri kita memiliki kuasa yang lebih besar dari semua masalah-masalah kita. Engga percaya ? Coba baca nih:

"Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku" (Filipi 4:13)

"Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu ? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita ?" (Roma 8:31)

"Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan" (Yesaya 41:10)

"Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita" (1 Yohanes 5:4)

Tuhan memang tidak menjanjikan hidup yang indah dengan mengikut Dia. Tetapi Dia berjanji akan selalu menyertai kita, dan memampukan kita untuk menghadapi semua masalah-masalah di dunia ini. Terlebih lagi, semuanya yang terjadi itu ada dalam rencana Allah, dan itu merupakan rencana-rencana yang indah dalam hidup kita.

"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan" (Yeremia 29:11)

Karena itu jangan menyerah !!! Tetaplah semangat dan setia dalam mengikut Tuhan...dan jangan sekali-kali berpikiran bahwa "kita selalu memiliki pilihan"

Tuhan memberkati

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

In the Spiderman 2, the story tells us on how Peter Parker, the Spiderman, feel the pressure in his life. His responsibilities to save the city from chaos limiting him to take care his personal affairs. The movie takes us to his dilemma in love life with Mary Jane.
Ok, I am not writing Spiderman 2 synopsis. I just want to take us to the situation of Peter Parker, to describe how we as Christians are also often having dilemma.

Christianity often makes us feel depressed and cornered in this world. Wait…is it? Let’s take an example from the business world. It is common to find people who are committing fraud, deception whether in cover up or not. It is so common until it turns to a norm. Honestly, in the back of our head we know and admit that is true. In fact, it is very difficult to be able following the will of God in this world.

Ben Parker in the movie says that, "We always have a choice."

Unfortunately, the phrase is in no way we can use. Yes, we do have a choice (theoretically speaking) whether to keep following Him or not. But we often forget that being a Christian is not a personal choice which we can decide to take, instead, it is a will of God.

"Before I formed you in the womb I knew you, before you were born I set you apart; I appointed you as a prophet to the nations." (Jeremiah 1:5)

So, what should we do ? Ben also says in the movie that, "With great power comes great responsibility."

Personally, I agree with what Ben Parker states in a way that we have a great responsibility to keep our Christianity. It might sound unpleasant, heavy, hard, and makes us feel better to not having such “gift”.

This time, let me, Uncle Ndutzz says, "In the Christianity, there is not only big responsibility that exists, but also there is help and great power."

My friends, we should always remember that the Holy Spirit within us have the greater power than all of our problems accumulated. Don’t believe it? Try reading this verse:

"I can do all this through him who gives me strength." (Philippians 4:13)

"What, then, shall we say in response to these things? If God is for us, who can be against us ?" (Romans 8:31)

"So do not fear, for I am with you; do not be dismayed, for I am your God. I will strengthen you and help you; I will uphold you with my righteous right hand" (Isaiah 41:10) 

"for everyone born of God overcomes the world. This is the victory that has overcome the world, even our faith." (1 John 5:4)

God does not promise a always-wonderful-life with following Him. But he promised to always be with us, and enabled us to face all the problems in this world. What would we ask more ? Everything which happens is in God’s plan, and His plans in our life are way more beautiful than we can imagine.

"For I know the plans I have for you," declares the LORD, "plans to prosper you and not to harm you, plans to give you hope and a future." (Jeremiah 29:11)

Therefore, do not give up! Let us keep the spirit and faithful in following our Lord….and do not ever think that "we always have a choice".

 God bless.

No comments:

Post a Comment